Jumat, 22 April 2011

Pemulung penyelamat lingkungan

Pemulung adalah orang yang pekerjaannya mengumpulkan plastic-plastik bekas pembungkus, karton bekas, kardus-kardus, kertas, dll. Pemulung hidupnya bergantung pada barang-barang yang telah dibuang. Bagi kita memang barang itu memang tidak bermanfaat. Tetapi, sebenarnya barang yang bagi kita telah dianggap sampah itu ternyata masih bisa dimanfaatkan.

Para pemulung tidak pernah menyadari bahwa pekerjaannya itu secara tidak langsung turut membersihkan lingkungan yang tercemar oleh sampah-sampah. Apabila tidak ada pemulung, berapa ratus ribu ton sampah plastic yang tersimpan dalam tanah?
Ingat, sampah plastic tidak dapat hancur dimakan mikro organisme.akibatnya, tanah akan tercemar. Jadi, pekerjaan yang dilakukan oleh pemulung itu patut kita syukuri. Alangkah naifnya bila kita menganggap rendah terhadap mereka. Sikap seperti itu tidak patut dilakukan oleh orang yang berbudi.

Sumber : bersahabat dengan alam oleh Ediar Buana

Seharusnya, kita malah berterima kasih dengan para pemulung itu dan pengusaha yang bisa mendaur ulang sampah yang kita buang. Belum tentu kita yang membuang sampah malah bisa mendaur ulang sampah itu. Hal tersebut tidak seberapa bila kita lihat, orang yang membuang sampah sembarangan seenaknya, di jalan, di sungai, di tempat-tempat umum. Ayo jaga lingkungan kita, mulai dengan dini, dengan tidak membuang sampah sembarangan, kasihan bumi kita kalau manusia terus-terusan begini.
Tetapi kadang kita tidak menyadari pentingnya keberadaan mereka.

Keep our earth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar